Sunday, 25 November 2018

A Star is Born - I'LL NEVER LOVE AGAIN

SPOILER ALERT : Ini bakal jadi bahasan panjang. Bisa dibilang, saya curcol karena udah lama, saya pengen share ini di blog.

Belum lama ini, saya menonton film ' A Star is Born ". Dibintangi Lady Gaga & Bradley Cooper. Berhubung film ini head to head juga dengan bohemian rhapsody, jadi bener - bener tough ya. Hahahhaa.. tapi asli, film A Star is Born, mengena di hati saya. Bahkan udah sekitar 3 minggu setelah saya menonton film ini di bioskop, saya masih terngiang - ngiang dengan lagu dan suara Lady Gaga. Saya sih bukan mau mereview film. Tapi, saya mau sekedar berbagi sebuah kisah, yang buat saya, pada saat saya menonton film ini, saya gak bisa untuk gak kepikiran tentang secuplik kisah hidup seseorang yang sangat berpengaruh dalam kehidupan saya and this is about my grandparents.
Mungkin para pembaca akan berpikir, penting banget apa untuk dibahas? Oh.. penting..! Karena saya percaya, dari sekian banyak pembaca, pasti pernah punya pengalaman seperti yang saya alami.

Kebetulan pas saya nonton film ini, time line FB saya penuh dengan foto - foto pada saat oma dan opa saya meninggal. Langsung saat itu, saya galau, dan jadi ikutan nangis pada saat lagu I'll Never Love Again ini diputar. Sempat saya lihat via youtube, komen orang - orang yang sudah menonton film ini. Dan saya sampai pada kesimpulan, memang lagu ini fenomenal dan mengena di hati banget. Bukan karena saya ini tipe romantis, tapi coba kita lihat background saat scene lagu itu dibuat. Lady Gaga kehilangan sahabat baiknya saat dia akan mulai syuting scene lagu ini. Lady Gaga hanya telat 15 menit dan 15 menit itu, dia gak sempat mengucapkan goodbye, gak sempat bilang i love you ke sahabatnya. Gimana coba rasanya? jangankan sama sahabat lah ya. Coba bayangkan, kalau itu orang tua anda, di akhir hayatnya, kita sebagai anak gak sempet say goodbye ke mereka, gak sempet mengucapkan atau meng-ekspresikan kata I LOVE YOU kepada mereka. Di film ini pun, kurang lebih sama. Ally harus pulang dan melihat Jackson meninggal. No goodbye. No words at all. Bahkan mungkin pada saat kita putus ma pacar pun, kita bisa jadi sedihnya kayak gni, bahkan mungkin ampe gak pengen pacaran lagi. Hahahaha.. ( I've been there. Trust me, it's the saddest thing that you can't imagine ). 

Kenapa saya bilang, tiap mendengar lagu I'll Never Love Again ini, saya teringat kisah opa oma saya?
Kondisi oma saya, bisa dibilang udah agak cukup mengkhawatirkan. Karena sampai harus rawat inap di rumah sakit hampir 1 bulan. Saya bahkan udah nyaris 3x jagain oma di rumah sakit. Tiap hari, opa saya yang di kursi roda, selalu jenguk oma saya, dan tiap kali lihat oma saya, opa saya macam menahan tangis. Ditambah, beliau udah pikun. Dan, datanglah hari dimana oma saya meninggal dunia. Saya masih ingat banget gimana kondisinya. Sejujurnya, saya siap menghadapi kematian oma saya. Tapi tidak dengan sepupu - sepupu saya. Mungkin, dari sekian banyak cucu, 3 orang cucu ( termasuk saya ), yang tidak sempat say goodbye kepada oma. Waktu itu, sepupu perempuan saya dari bandung, langsung rush ke rumah sakit. Begitu lihat oma saya udah meninggal, tahu - tahu nangis sampai meraung dan terduduk di lantai. Trus, begitu sepupu saya yang lelaki pulang kerja, dia buka pintu ruangan, lihat oma udah meninggal, dia nangis. Dramatis. Dan dia bilang, " tadi tuh jam 7 kurang gua udah keluar kantor. Tapi macet, loe tau lah Sudirman dan Gatsu jam segtu. Jadi gue balik kantor lagi, nunggu agak malam baru keluar. Tahu gni, gue mestinya jalan terus walau macet. "
Waktu akhirnya, tubuh oma ditaruh di rumah duka, maka hampir tiap hari, kami keluarga stand by di rumah duka. Pernah sekali waktu, kami bangun pagi, opa saya bilang ke saya dan salah satu sepupu : 
Opa : " Kita mau kemana pagi - pagi? "
saya : " Ke rumah duka. "
Opa : " Siapa yang meninggal? "
saya : ( bingung.. tapi ya gimana.. saya jawab opa saya ) " Oma yang meninggal. "
dan opa saya diam. Again opa saya bahkan gak nangis. Tapi saya cukup yakin dia pasti sedih setengah mati.
Satu bulan setelah oma meninggal, opa saya meninggal, menyusul oma. I should say, what a love..! Saya bahkan gak yakin, kalau saya bakal bisa mencintai pasangan saya sedalam oma opa saya. Hahahaha.. kind of doubting myself. Dan disinilah, semua terkuak. Mama saya sempat tinggal 2 minggu di Sukabumi, menemani opa saya. Menurut mama, opa saya selalu cerita, kalau beliau sedih..beliau bilang, rasanya sakit. Well, i understand that very well. When you broke up. it feels like everything in your body also broken. Dada rasanya sesak, rasa kayak disayat - sayat. Dan mama akhirnya bilang ke opa, kalau memang beliau sedih dan sakit terus, berdoa. Berdoa ke Tuhan, supaya dibawa cepat menyusul oma. In one month, mama saya dan saudara - saudaranya jadi yatim piatu dalam waktu 1 bulan. Belum juga masa berkabung lewat, ini harus berkabung lagi. Baru selesai nangis, ini mesti nangis lagi. Dan setelah 5 tahun kepergian oma opa, saya mendengar lagu ini. Liriknya mengena banget.

"Oh baby, that you're gone
'Cause my world keeps turning, and turning, and turning
And I'm not moving on "


Gimana ya? Perasaan orang yang ditinggal? Yang masih harus berjuang? hahahaha.. Sepupu saya bilang, oma opa sering bilang mereka itu macam Sampek Engtay ( Romeo & Juliet dari China. ) Namanya orang jadul ya, pacarannya so pure and innocent. Saya jujur gak tau banyak kisah mereka saat baru ketemuan, dll. Tapi jujur aja, karena oma opa, saya selalu punya soft spot setiap lihat pasangan oma opa yang masih kelihatan saling mencintai diumur yang udah tua banget. Is it my Couple Goal? Nope.. saya gak punya confidence setinggi itu. Saya selalu punya soft spot buat sahabat - sahabat saya yang mungkin lagi putus cinta. Saya selalu punya soft spot, buat sahabat dan teman yang mungkin baru kehilangan orang - orang terdekat mereka. Hmmmm.... ( bulir - bulir air mata mulai berjatuhan ). Mungkin ini yang dirasakan opa saya, selama sisa hidupnya tinggal di Sukabumi. Teringat kenangan akan oma saya.

  Don't wanna feel another touch
Don't wanna start another fire
Don't wanna know another kiss
No other name falling off my lips
Don't wanna give my heart away
To another stranger
Or let another day begin
Won't even let the sunlight in
No, I'll never love again


Dan dari lagu dan film ini, saya belajar banyak hal. Salah satunya : Don't wait! Action speak louder. If you love somebody, just say it. If it is your parents, say it to them, how thankful you are. ( untuk yang satu ini, jujur aja, saya bukan orang yang ekspresif. Jadi susah banget untuk say a good things to my parents ). If you already have a partner, tell them, how much you love them. Tell your best friend how happy you are to have them in your life. Dude, you never know what will happen tomorrow. No need to say about tomorrow, you don't know what will happen in another minutes. Kalau mereka yang jomblo, yaa.. kalau anda ingin mengutarakan perasaan kepada lawan jenis, ya at least pastikan bahwa yang bersangkutan juga punya perasaan yang mutual dengan anda. Jangan sampai, malah anda yang nyanyi ini lagu untuk diri anda sendiri sebagai penghiburan untuk diri sendiri. Hahahahaha.

Mungkin, dari blog ini, banyak yang bertanya, si bebekwangi ini udah punya pacar belum? hahahahha. R.A.H.A.S.I.A hahahaha.. Kalau kata sobat receh, " Mending jomblo tapi tahu - tahu kasih undangan, daripada pacaran lama, tapi gak kasih - kasih undangan. "
Tapiii,,, again.. zaman sekarang, kalau jomblo, tahu - tahu kasih undangan, bisa jadi pikiran orang, ini jangan - jangan MBA, Married by Accident. Yaowoh... Noooo.. jangan ampe. Jangan begitu ya sobat jombloku.

Anyway, thru this blog, i would like to say, You never knew, how much i love all of you. 
My parents, who always noisy but i knew for sure, you being noisy is for my own goodness. Honestly, i might not become a daughter like i am now, if it is not because of you.
JFCers, who always go thru thick and thin with me. I love y'all.
SV, who always ready to be an advisor and a place to curcol.
AW, who always made my day, whenever i feel down and stress.
JA, who always cheer me up and give input about life. You are the one who always makes me realize about what i really want.
CM, who always lively and get excited everytime you see me.
Emo, who always be a friend to have adventure with. Hopefuly, our adventure doesn't end in Australia only. Let's travel the world..!
Ppiglet, who always be a big sister to me, advise me, slap me if i become a fool.
Yuli, who always ready and always have my back.
Teman alumni SMP, for always be a friend who comfort me and accept me as i am.
Cheesy and cringey, right? but let's not waste a moment.

Akhir kata, saya kutip sebuah lagu :

" When you love someone, you open up your heart
When you love someone, you make room
If you love someone and you're not afraid to lose 'em
You'll probably never love someone like I do "

I LOVE YOU

With love,
Bebekwangi


No comments:

Post a comment