Friday 17 November 2017

iSydney : 1st Chapter : Day 1 and still counting up

Yeah, at least judulnya 1st chapter, ampe akhir november ini. I plan to make 12 chapter of my life here in Australia..hehehe.
Jadi saya terbang menggunakan pesawat kebanggaan Indonesia. Baru juga sampai di airport, rasanya berat mau pergi. Belum apa - apa udah kangen Indonesia ( yaelah, kayak gue diinget aja sama pemerintah ). Ini pertama kali saya menjejakkan kaki di T3 Ultimate, yang konon katanya mengalahkan Changi Airport. Tapi setelah menjejakkan kaki, biasa aja sih. Setelah masuk ke dalam - dalam sampai di ruang tunggu / boarding gate, tetep aja biasa banget. Apa mungkin efek saya udah terlalu sering ke Singapore sampai jadi brain wash gitu? Dunno.. 

Singkat cerita, saya masuk pesawat. Di pesawat, favorit saya duduk di aisle seat alias duduk di kursi yang dekat gang. Saya gak terlalu suka duduk window, apalagi duduk di tengah. Kebetulan, seat map nya 2-4-2. Sebelah saya seorang ibu - ibu, let's call her Tante. Dia gak keliatan ibu - ibu, malah lebih ke arah tipikal emak - emak gaul. Jadi saya panggil dia tante. Jujur saya gak tau namanya siapa. But she is such a very nice lady. Saya mengobrol cukup lama dengan dia sepanjang perjalanan. Saya jujur, tidak terlalu suka dengan pesawat overnight, karena asli, saya bahkan gak bisa tidur sepanjang perjalanan.  Pesawat berangkat tepat jam 22.30, mendarat di ausie keesokan hari pkl 9.30 pagi. Sepanjang perjalanan, saya bahkan tidak bisa tidur. Alhasil, pilek saya kambuh, dan saya sedikit pening begitu turun pesawat. Saya pikir, udara bakal panas, ternyata sedang hujan dan mendung. Alamaaaakkk,... begitu turun, buuussshh,.,.. angin berhembus, dan asli,, rasanya bahkan lebih dingin dari lembang ataupun puncak. Di Puncak / Lembang, saya bahkan gak pernah pake jaket / cardigan / sweater, tapi ini saya langsung pake jaket. Seriously..! Saya sampai berpikir, " mampus gue.. gimana kalau nanti winter? jadi apa gue? Segini aja gue udah kedinginan, ampe pake jaket, padahal cadangan lemak banyak di badan. Gak bener ini..! "

Saya pun bergegas ambil tas di compartment, dan tante yang duduk di sebelah saya bilang, " nanti kita barengan ya.. saya soalnya bingung ini, baru pertama kali ke Sydney. "
Dengan senyum meyakinkan, saya bilang iya dan janji akan temenin si tante. Asli deh, anda semua akan berpikir, " Loe gila apa? sama orang gak dikenal, loe malah baek - baek, mestinya curigaan. "
Well, ya gimana, saya juga gak sampai hati tinggalin nih tante, mana wajah dah melas gitu. Dan berhubung saya kerja di travel agent, tipikal tante - tante yang kayak gini, bikin sense of responsibility saya bekerja baik. Wkwkwkwkwkw... Kami pun jalan bareng sepanjang dari pesawat sampai di arrival hall. Again si tante panik pas udah deket imigrasi. Nah, ini penting nih. Ya hoki - hoki juga sih. Jadi sebelum pergi, banyak teman - teman Tour Leader mengingatkan saya, kalau ausie itu ketat imigrasinya, apalagi kalau ada petugas imigrasi yang orang india. Duile.. lengkap deh hidup loe saat masuk ke ausie kalau ketemu mereka. Begitu turun, biasa ada anjing pelacak, lalu kalau petugas imigrasinya orang india, kita bisa ditanyain macam - macam dan cukup menyebalkan sih. Tapi pada saat saya tiba, Heh?? mana anjing pelacaknya? ya mungkin memang bener sih, yang kyk gtu, faktor keberuntungan. Petugas imigrasi yang bertugas pun, semuanya bule, gak ada yang asia apalagi india. Si tante panik pas ditanya - tanya, tapi akhirnya lolos. Saya sengaja suruh dia masuk duluan, jadi kalau apa - apa, saya bisa bantu translate. 

Seperti petuah para pendahulu dan senior - senior WHV, the very 1st thing you have to do when you are arrive in Austrlia are : 
1. Beli Nomor Lokal  >> DONE! 
gitu nyampe saya langsung cari stall Optus / Vodafone / Telestra. kalau di ausie, Telestra itu macam telkomsel. Kalau ada WHV yang mau ke area pedalaman ausie, kerja di farm, paling bagus sih pakai telestra. Karena untuk Optus dan Vodafone, bahkan sinyal gak ada sama sekali di sana. Mau beli nomor lokalpun, si tante ikutan, karena dia stay 2 minggu. Kembali saya bantu dan temenin beliau beli nomor lokal.
2. Beli OPAL Card  >> DONE! 
pengalaman travelling, saya tanya sama si penjual optus, dimana saya bisa beli opal card, dia tunjuk convenience store di sebrang stall optus. OPAL Card itu apa ya? OPAL card itu kartu transportasi umum di seluruh Ausie. Kalau di jakarta macam emoney, flazz, etc. Kalau di Spore, kita sebutnya EZlink. Ini penting, karena OPAL Card berlaku untuk semua transportasi yang ada di Ausie. Kartu gak bsia diuangkan kembali, jadi kalau mau isi, harus bijaksana ya.
3. Buka Rekening Lokal di Ausie  >> DONE! 
saya tiba sabtu, jadi senin saya langsung urus ke bank lokal di ausie. FYI, kalau anda pegang NPWP Indonesia, per 6 bulan lalu, sepertinya hampir semua bank lokal ausie akan minta data NPWP kita. Jadi bawa NPWP anda ya kalau mau buka rekening di bank lokak ausie.
4. Bikin TFN ( Tax File Number ) >> DONE! 
sehabis buka rekening, saya pulang, lalu apply TFN. hanya dalam 1 minggu saya dikasih surat untuk nomor TFN saya.

Balik ke scene 1, saat saya sudah beli OPAL card. Si tante masih sibuk telepon temennya yang akan jemput. She plead with me to accompany her untill her friends come and pick-up her. Jadi saya bantu telepon temannya, juga bantu cariin temennya. Alhasil, kami menunggu hampir 1 jam, sampai temannya datang menjemput. Saya sudah siap berpisah dengan si tante, tapi tahu - tahu, tante baik hati ini bilang ke temennya untuk anterin saya dulu. Heh?? saya jadi gak enak hati..! Asli..! bukan aji mumpung ya.. tapi namanya di negara bule, buat orang indo, kudu hidup hemat..! dan asli saya gak enak hati dianterin sampai depan apartment saya tinggal. You know, life in Australia is tough, mate.. Huff.. Tapi dalam hati, saya pun tetap bersyukur karena dianterin.

My 1st meal in Sydney
Saya tiba di apartment, dibantu oleh roommate saya. Saya jujur gak kenal siapa - siapa di Sydney. Yaaaahh...actually ada sih kenal satu temen, this friend is a childhood friend and also sort of a far relatives or cousin. Complicated, right? Don't worry. But this friend is a very nice person. Tapi asli, saya gak mau repotin orang..! gimana gak, bawa badan sendiri udah repot, buat apa saya repotin orang lagi. Begitu tiba, saya kenalan dengan roommate saya. kami share 1 kamar bertiga termasuk saya. Roommate yang bantu saya check-in itu orang indonesia. Sedangkan roommate yang satu lagi, ternyata orang jepang. Yeay..! bisa minta gratisan ajarin bahasa jepang nih.. wkkwkwkww...


My 1st Dinner in Sydney
Begitu tiba, kebetulan roommate indo mau keluar apartment. Saya minta diajak keliling sekitaran apartment. Jadilah saya diajak keliling sebentar. Untungnya saya gampang inget jalan, jadi saya ngerti area sekitaran apartement. Kamipun berpisah di Westfield. Lalu saya jalan kaki, balik ke apartment. Karena batere hape sudah sekarat, saya terpaksa beli power bank di miniso, lalu makan di sekitaran apartment. Karena saya tinggal di City, daerahnya ramai dan very lively, jauh berbeda sama daerah suburb. Teman saya yang baik hati itu, lihat Instagram saya, ikutan shock! lalu comment di Instagram, " loe lagi di sydney?! " Jadilah kami mengobrol di Whatsapp dan saling bertukar kabar. Lalu memutuskan, besok, hari minggu harus ketemuan. Saya balik ke apartment, santai - santai, bongkar koper, lalu duduk - duduk mengobrol dengan owner apartment dan roommate saya. Malamnya saya lapar! saya pun makan di Ajisen Ramen, Booo...porsinya besar pake bangeett...mana habis? akhirnya karena lapar berat, saya habiskan hanya daging dan separuh porsi nasinya. I'm Full dan pengen tidur nyenyak malam ini. Sebelum tidur, saya sempat lihat - lihat lokasi untuk tempat saya ke gereja esok hari, pelajari map nya. saya pun tidur, dan semoga saya besok tidak tersesat. hihihi...

No comments:

Post a Comment