Wednesday, 27 February 2013

Singapore For Beginner

Sejak diadakannya perjanjian antara negara - negara di ASEAN, maka saat ini, bila kita jalan - jalan ke salah satu negara ASEAN, maka anda tidak memerlukan visa, dan yang lebih menyenangkan, tidak ada bayar fiskal lagi di Indonesia sejak diterapkannya wajib pajak. Memang masih ada beberapa negara ASEAN yang masih memerlukan visa, tapi sejauh ini, visa tersebut bisa diperoleh saat anda tiba di salah satu negara ASEAN tersebut. Contohnya seperti Laos, Myanmar dan Kamboja. Makannya tidak heran, bila banyak warga Indonesia yang kerap berkunjung ke negara - negara ASEAN. Salah satu destinasi favorit orang Indonesia yang belum pernah ke luar negeri adalah Singapura. Negara yang luasnya lebih kecil dari Jakarta ini, justru memiliki banyak objek wisata dan wisata kuliner yang menarik. Ada 3 kuliner yang saya paling suka di Singapura dan hukumnya wajib, kudu, harus dicoba. Menyesal deh kalau tidak mencoba.

Es Durian Kacang Merah
Salah satunya Es Durian Kacang Merah. Saya suka heran kalau ada orang yang tidak suka makan durian, padahal durian itu enak banget banget. Wangi dan membangkitkan selera. Saking enaknya, sekarang saya mengerti kenapa dibilang King Fruit, karena durian itu memang nikmatnya tidak ada yang bisa kalahin. Es Durian Kacang Merah bisa di dapat di setiap food court di Singapura. Kalau yang saya makan ini, saya makan di food court dekat terminal di daerah Bedok. Bedok terletak di pinggiran Singapura. Harga barang / makanan di Singapura biasa berbeda, tergantung daerah atau lokasinya. Semakin ke tengah kota semakin mahal. Untuk perbandingan, saya makan Es Durian Kacang Merah di Vivo Mall, kurang lebih SGD 3,5 per mangkok. Sedangkan di Bedok, hanya SGD 2,5 per mangkok. Lumayan kan selisihnya? Es Durian Kacang merah ini, isinya mirip es campur. Ada nangka, kacang merah, cincau, nata de coco, tape dan diberikan es serut serta syrup. Di atas syrup dan es serut akan dituangkan semacam cream durian yang lezat. Enak dan top markotop.

Bakut Teh
Selain Es Durian Kacang Merah, di Singapura, anda bisa makan Bakut Teh di Song Fa. Sssttt..yang pasti haram lho..! Kedainya terletak di Clarke Quay, bisa naik MRT dan turun di stasiun Clarke Quay. Letak kedainya di pinggir jalan, tidak di dalam area Clarke Quay. Ada yang beda dengan Bakut Teh di Song Fa. Kalau makan Bakut Teh di Song Fa, sayur asin nya tidak digabung dengan kuah Bakut. Jadi dipisah tersendiri, dan rasanya, tidak usah tanya deh. Beda banget sama masakan sayur asin disini. Di Song Fa, rasa sayur asin nya  asam cenderung manis. Tekstur sayur asinnya tidak keras dan kriuk kriuk, tapi cenderung lembut. Daging Bakut yang disajikan pun benar benar daging iga yang mudah dimakan tanpa takut serpihan tulangnya tergigit. Kuahnya juga nikmat, bisa minta tambah kuah. Rasa kuahnya saya akui memang agak kebanyakan lada, tapi justru itu yang membuat rasa Bakut ini enak banget. Porsi Bakut Teh nya ada 2 macam. Porsi kecil dan besar. Kalau ambil porsi kecil, cuma dapat 3 potong iga babi. Tapi kalau ambil yang besar, dapat 5 potong iga babi. Saya sarankan ambil yg porsi besar, karena selisihnya tidak terlalu jauh.

Roti Cane isi Telur
Sekarang kita beralih ke masakan India. Kalau ke Malaysia atau ke Singapura, anda harus mencoba Roti Cane / Roti Cenai, rotinya orang india. Rotinya itu seperti roti pizza, tapi lebih tipis dan garing. Crispy abis. Tempat jualan Roti Cenai yang enak ada di Calvin Road / Kevin Road. Di jalanan, semuanya jualan roti cenai yang tidak kira - kira porsinya. Roti cenainya ada macam - macam. Bisa Roti Cenai polos yang dimakan dengan bumbu kari atau kari kambing. Yang enak menurut saya seh Roti Cenai dengan Kari Kambing ya. Tapi bagi yang punya darah tinggi, hati - hati kolesterol tinggi ya. Kalau mau Roti Cenai yang manis, mereka juga ada yang disajikan dengan Es Krim di dalamnya, dan diberi whip cream di atasnya. Porsinya besar dan ee krim berlimpah ruah. Bisa juga pesan Roti Cenai isi telur, tapi lebih mirip seperti makan martabak telur. Rugi kalau cuma pesan isi telur. Harus mencoba Roti Cenai dengan Kari Kambing. Top recommended pokoknya. Mau coba? Ayo jalan - jalan ke Singapura. Dijamin tidak rugi deh.




Roti Cenai Polos


Kuah Kari Polos

Kari Kambing

Roti Cenai Es Krim